MAKALAH
GENERASI & JARINGAN KOMPUTER
Disusun `oleh :
MUHAMMAD TRI WIARTANTO
2016140233
01TPLMP
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS PAMULANG
2016
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hidayah dan inayah-Nya sehingga dapat
menyelesaikan makalah “GENERASI &
JARINGAN KOMPUTER“ yang digunakan sebagai salah satu tugas mata
kuliah Pengantar Aplikasi Komputer.
Penulis ucapkan banyak terima kasih
kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini. Semoga
makalah ini bisa membantu bagi siapa saja yang membutuhkan sedikit pengetahuan
tentang “GENERASI & JARINGAN
KOMPUTER “.
Namun demikian makalah ini masih jauh
dari kesempurnaan, segala kritik dan saran yang bersifat membangun sangat saya harapkan untuk di masa yang akan datang.
Jakarta, 29
November 2016
Muhammad Tri
Wiartanto
NIM
: 2016140233
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
BAB I
A.
Latar
Belakang
Perkembangan
komputer sampai saat ini sangat pesat, sebelum mengenal komputer seperti saat ini,
5000 tahun yang lalu di Asia kecil orang menemukan alat yang disebut Abacus dan
dianggap sebagai awal mula komputer. Pada tahun 1642, Blaise Pascal menemukan
kalkulator roda nomerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Tetapi alat ini memiliki kelemahan, yaitu hanya sebatas melakukan penjumlahan.
Komputer sendiri di artikan Hamacher sebagai mesin penghitung elektronik yang
cepat dan dapat menerima input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan
program yang tersimpan dimemorinya dan menghasilkan output berupa informasi.
Menurut Nasotion(2001), komputer dibagi menjadi beberapa generasi. Yaitu
generasi pertama (1953-1958), generasi kedua(1958-1966), generasi ketiga
(1966-74), generasi keempat (1974-1982), dan generasi kelima (1982-sekarang).
Dengan perkembangannya yang semakin canggih, maka sampai saat ini banyak
dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang kehidupan.
Salah satu manfaat komputer adalah
dalam bisnis dan perbankan, bidang pendidikan, industri dan
manufaktur, teknik dan ilmu pengetahuan, penerbangan dan kemiliteran. Misalnya
dalam bidang pendidikan dimana dengan pemanfaatan multimedia komputer, proses
pembelajaran lebih bermakna, karena mampu menampilkan teks, warna, suara,
video, gerak, gambar serta mampu menampilkan kepintaran yang dapat menyajikan
proses interaktif.
Teknologi jaringan komputer merupakan
solusi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi fix-point to point dan biaya,
serta menjadi model fleksibel multi point to multi point. Pesatnya perkembangan
dunia jaringan komputer akhir-akhir ini, memicu berkembangnya teknologi baru
yang memanfaatkan teknologi jaringan kompter sebagai media untuk mewujudkan
impian manusia akan sebuah aplikasi.
B.
Rumusan masalah
Berdasar dari latar belakang di atas
maka penulis mengangkat rumusan masalah sebagai berikut.
· Sejarah Komputer
· Perangkat Komputer
· Jaringan Komputer
C.
Tujuan
penulisan
-
Untuk mengetahui cikal-bikal
teknologi computer
-
Untuk mengetahui
proses perkembangan computer
-
Untuk mengetahui
perangkat pada komputer
-
Untuk mengetahui
tipe jaringan komputer
BAB II
Generasi pertama dari komputer,
ditandai dengan diketemukannya tabung hampa udara sebagai alat penguat
sinyal.Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer
generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan
sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga
banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas.
Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai
pendingin.
Dan dengan adanya komponen tambahan,
akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer
elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC selesai dibuat. Pada komputer
tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar
ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.
Pada gambar nampak komputer ENIAC,
yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat
30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M.
Ciri-ciri komputer generasi pertama
adalah:
-
Program dibuat dalam bahasa mesin,
-
Menggunakan konsep storage
program,
-
Komponen yang digunakan adalah
tabung hampa udara,
-
Ukuran fisiknya besar sehingga
membutuhkan daya listrik yang besar, serta
-
Dapat disimpan pada magnetic
tape dan magnetig disk.
Contohnya, komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953
merupakan komputer komersial berukuran besar, sedangkan IBM 705 yang dibuat
tahun 1959 digunakan dalam industri.
Transistor merupakan ciri khas
komputer generasi kedua. Transistor merupakan singkatan dari
Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari
tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula
dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal.
Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya:
tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang
ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.
Ciri-ciri komputer generasi kedua
antara lain:
- Kapasitas memori
utama cukup besar,
- Komponen yang
digunakan adalah transistor yang jauh lebih kecil dibandingkan tabung hampa
udara,
- Menggunakan magnetic
tape dan magnetic disk yang berbentuk removable
disk,
- Mempunyai
kemampuan proses real-time dan time sharing,
- Proses
operasinya lebih cepat,
- Orientasinya
pada aplikasi bisnis dan teknik.
Konsep semakin kecil dan semakin
murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai
penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang
sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil
diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip
yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga
antara lain:
-
Komponen yang dipakai adalah IV (Integrated
Circuits) yang terdiri atas ratusan atau ribuan transistor berbentu hybrid
integrated circuits dan monolithic intgrated circuits,
-
Proses operasinya jauh lebih cepat
dan lebih tepat, kapasitas memori komputer jauh lebih besar,
-
Ukuran fisik jauh lebih kecil
sehingga penggunaan listrik lebih hemat,
-
Menggunakan magnetic disk yang
sifatnya random access,
-
Dapat melakukan multiprocessing dan multiprogramming,
-
Alat input-output mengalami
pengembangan dengan menggunakan visual display terminal, serta
-
Dapat melakukan komunikasi data dari
satu komputer dengan komputer lainnya.
Pada generasi ini ditandai dengan
munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan IC
kedalam sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan
persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu integreted circuits). LSI
kemudian dikembangakan dalam VLSI (Very Large Scale Integration).
Sejak tahun 1970, dunia komputer
mengalami dua perkembangan penting, yaitu:
- Penggunaan LSI
(Large Scale Integration) yang disebut juga sebagai Bipolar
Large Scale Integration, serta
- Menggunakan
mikroprosesor dan semi konductor yang berbentuk chip untuk
memori komputer.
Contohnya, komputer IBM 370
menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang dikembangkan pertama kali pada tahun
1971 oleh perusahaan Intel Corporation dengan menggunakan chip
mikroprocessor. Personal computer (PC) mulai berkembang
sejak tahun 1977, misalnya komputer Apple II dan komputer dekstop oleh
Xerox Corporation. Pada tahun 1981, komputer mulai banyak menggunakan sistem
Window dan mouse.
Komputer generasi kelima kini sedang
dalam pengembangan. Komponen yang dipakai adalah VLSI (Very Large Scale
Integration). Saat ini sedang dikembangkan oleh Josephson Function yang
diramalkan dapat menggantikan keberadaan chip. Negara yang mempelopori
perkembangan komputer generasi kelima ini adalah Jepang. Kemungkinan pengembangan
komputer lainnya ialah kemampuan komputer memecahkan masalah sendiri dengan bantuan
AI (Artificial Intellegence).
BAB III
MENGENAL PERANGKAT KOMPUTER
Komputer merupakan perangkat
teknologi informasi dan komunikasi yang sudah menjadi bagian dari kehidupan
manusia. Komputer tidak hanya berperan dalam bidang pengetikan atau penghitungan,
namun telah merambah ke berbagai bidang lainnya, termasuk bidang komunikasi.
Bidang pendidikan, ekonomi dan bisnis, militer, seni, hiburan, jaringan
telekomunikasi dan lain-lain telah memanfaatkan kemampuan komputer untuk
membantu memecahkan masalah.
Dalam bidang pendidikan, komputer
dapat dimanfaatkan sebagai media penunjang pembelajaran, alat analisis, dan
hal-hal yang terkait dengan kegiatan akademik. Pemanfaatan komputer dalam
bidang ekonomi dan bisnis dapat kita lihat melalui berbagai sektor usaha yang
sekarang hampir seluruhnya terkomputerisasi.
Pengenalan komputer bertujuan agar user atau
pengguna komputer dapat menggunakan atau mengoperasikan komputer sesuai dengan
prosedur. Prosedur itu dimulai dari merangkai, mengaktifkan, hingga mematikan
komputer. Dengan demikian, pengguna komputer dapat bekerja secara efektif dan
sistem komputer yang diGunakan pun terawat secara optimal. Dalam bab ini, Anda
akan mengenal perangkat-perangkat penting komputer, cara mengaktifkan dan
mematikan komputer, serta cara menjalankan dan mengakhiri beberapa program
aplikasi.
Alat input atau input device adalah
perangkat keras yang berguna untuk memasukan data ke komputer.
a.
Keyboard
Keyboard adalah perangkat input
berbentuk papan ketik yang memiliki tuts atau tombol huruf, tombol angka,
tombol karakter khusus, dan tombol fungsi. Keyboard merupakan alat input utama
dalam sistem komputer karena hampir semua instruksi komputer dapat kita
inputkan melalui keyboard. Ada dua jenis computer, yaitu keyboard QWERTY dan
computer DEVORAK. Tetapi keyboard yang paling sering ita lihat adalah keyboard
QWERTY.
b.
Mouse
Mouse sangat penting peranannya
dalam sistem komputer yang berbasis GUI (Graphical User Interface), antarmuka
yang terdapat pada sebagian besar komputer masa kini. Mouse digunakan sebagai
alat untuk menunjuk dan menjalankan perintah pada menu-menu yang tampak pada
layar monitor. Alat ini memiliki dua tombol klik dan satu tombol scroll. Tombol
kiri biasanya digunakan sebagai tombol perintah, sedangkan tombol
kanandigunakan sebagai tombol shortcut.
c.
Joystick
Joystick digunakan untuk memasukkan
perintah pada saat kita menjalankan game komputer.
d.
Track Ball
Trackball memiliki fungsi sama
seperti joystick, yaitu untuk memasukkan perintah pada saat kita memainkan game
komputer.
e.
Scanner
Scanner adalah alat untuk memindai
atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar, foto, atau tulisan menjadi data
digital yang dapat diproses oleh komputer.
f.
Microfon
Mikrofon berfungsi untuk memasukkan data
berbentuk suara ke dalam komputer. Alat ini harus kita hubungkan ke kartu suara
(soundcard) agar dapat menerima input berupa suara.
g.
Touch screen
Touch screen atau layar sentuh
adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke
komputer melalui sentuhan.
h.
Camera video
Kamera video atau sering disebut
camcorder adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video
atau film.
i.
Camera Foto
Sebagian besar kamera foto yang
beredar saat ini merupakan kamera digital. Kamera digital lebih mudah digunakan
karena karena tidak menggunakan kertas film. Pengguna dapat mengambil gambar
sebanyak-banyaknya tanpa perlu takut gagal karena gambar yang buruk dengan
mudah dapat dihapus. Di samping itu, file foto digital lebih mudah dipindah dan
diolah menggunakan komputer.
Proses kerja komputer merupakan satu
rangkaian kerjasama antar beberapa komponen. Kinerja komputer tidak ditentukan
atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen. Di bawah
ini adalah alat-alat proses yang digunakan oleh komputer untuk mengolah data.
a.
Processor
Processor adalah alat utama yang
berfungsi mengolah data secara digital. Prosessor sering dijuluki otak
komputer. Perkembangan komputer tidak terlepas dari perkembangan prosessor dari
tahun ke tahun.
b.
RAM (Random Access Memory)
RAM adalah sebuah tipe penyimpanan
komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa Ada beberapa tipe RAM yang
digunakan dalam sistem komputer modern, yaitu SRAM (Static RAM),
DRAM (Dynamic RAM), NVRAM (Non-Volatile RAM), dan DDR
RAM (Double Data RateRAM). Kapasitas memori bervariasi, mulai dari 512
MB, 1 GB, 2 GB hingga 4GB.
c.
Main Board
Mainboard merupakan papan elektronik
untuk meletakkan berbagai macam komponen komputer seperti prosessor, RAM, dan
komponen lain. Meskipun mainboard tidak secara langsung tergolong sebagai alat
proses, namun keberadaannya sangat penting dalam komputer. Fungsi mainboard
antara lain mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang terpasang pada
komputer. Chipset dan program BIOS yang terdapat pada mainboard berfungsi untuk
mengatur dan mengkomunkasikan data maupun informasi yang diproses di komputer.
d.
Kartu VGA (CGA Card)
Kartu VGA atau VGA card adalah
komponen komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor. Alat
ini berfungsi memproses tampilan pada layar monitor. Besar kecilnya resolusi
dan ketajaman warna yang ditampilkan monitor, selain ditentukan oleh monitor
juga sangat ditentukan oleh kartu VGA. Kartu VGA dilengkapi dengan memori yang
besarnya bervariasi mulai dari 512MB hingga lebih dari 1GB.
e.
Kartu Suara (Sound Card)
Kartu suara atau sound card adalah
komponen komputer yang berfungsi mengolah suara. Alat ini dapat digunakan
sebagai alat input, alat proses atau alat output.
a.
Harddisk
Harddisk atau harddrive adalah media
penyimpanan yang terletak di dalam kotak CPU. Alat ini memiliki piringan keras
yang terbuat dari logam di dalamnya sehingga disebut cakram keras. Harddisk
diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson, pada 1956. Pada
saat itu hardisk terdiri dari 50 piringan dengan ukuran 0,6 meter, memiliki
kecepatan 1.200 rpm (rotation per minutes) dan kapasitas 4,4 MB (4,4 juta
byte). Kapasitas yang terbilang sangat kecil untuk ukuran saat ini.
b.
CD/DVD-ROM
CD/DVD-ROM adalah alat yang
digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD. Pada awalnya alat ini hanya bisa
membaca data saja. Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis
atau merekam data pada cakram CD atau DVD. CD-ROM atau DVD-ROM yang sanggup
menulis ke cakram CD/DVD disebut CD writer atau DVD writer. Secara fisik antara
Cdrom dengan DVDrom sama. Hanya saja kemampuannya yang berbeda. DVDrom sanggup
membaca data cakram cd. Namun sebaliknya Cdrom tidak sanggup membaca cakram
DVD.
c. Flash Disk
Media penyimpanan USB flashdisk
lebih populer disebut flashdisk. Bentuknya kecil dengan port USB di ujungnya
untuk menghubungkan diri dengan komputer.
d. Disket
Disket merupakan media penyimpanan
data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy). Kapasitasnya yang
kecil, yakni 1,44 MB, membuat disket tidak banyak lagi digunakan pada masa
kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.
e. Optical Disk
Optical disk atau yang sering
disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan berbentuk cakram berdiameter 120
mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya. Secara fisik, CD dan DVD
sangatlah mirip. Namun kapasitas penyimpanan data keduanya terpaut jauh. CD
hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu menyimpan data
hingga 4,7 GB, bahkan 17 GB.
Informasi yang telah diproses oleh
komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat output. Beberapa alat output
yang banyak digunakan dalam sistem komputer adalah sebagai berikut.
a.
Monitor
Monitor adalah alat output utama
dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan perintah maupun hasil
pengolahan data secara langsung. Dewasa ini kita mengenal dua jenis monitor,
yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal
Display). Jumlah warna yang mampu ditayangkan monitor bervariasi mulai 256
color, 16 bit color (high color) hingga 24 bit color (true color).
b.
Printer
Printer adalah alat untuk
menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Hasil cetakan dapat
berupa teks, angka, maupun gambar. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar
di pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan printer laser.
c.
Poryektor LCD
Proyektor LCD adalah alat yang
berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih
besar, misalnya layar presentasi atau tembok. Alat ini biasanya digunakan
sebagai alat bantu saat presentasi dan rapat maupun sebagai media pembelajaran.
Selain dihubungkan ke komputer, alat ini dapat juga dihubungkan ke VCD/DVD
player sehingga dapat difungsikan sebagaihome theater.
d.
Speaker
Speaker merupakan alat output audio.
Fungsinya mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam
komputer.
a.
Kartu Jaringan (Nework Interface
Card)
NIC atau Network Interface
Card adalah kartu jaringan yang berfungsi menghubungkan satu komputer
dengan komputer lain. Ada dua jenis kartu jaringan, yaitu kartu jaringan yang
menyatu dengan mainboard (onboard) dan kartu jaringan yang harus ditambahkan
pada slot PCI yang terdapat pada mainboard.
b.
Modem
Modem berfungsi menghubungkan satu
komputer ke komputer lain atau ke Internet melalui jalur telepon. Modem yang
merupakan singkatan dari modulator demodulator mampu mengubah sinyal digital
menjadi sinyal analog dan sebaliknya.
c.
Hub
Hub atau disebut juga switch
hub adalah sebuah alat yang digunakan sebagai terminal jaringan
komputer yang menggunakan kabel UTP. Jumlah port yang dimiliki hub bervariasi,
mulai dari 8, 12, 16, 24 hingga 32 port. Semakin banyak port yang dimiliki
suatu hub, semakin banyak pula komputer yang dapat dihubungkan
d.
UPS
UPS atau Uninterupted Power Supply
adalah sebuah alat yang berfungsi memberikan tenaga listrik cadangan pada saat
listrik PLN tiba-tiba padam.
Jaringan komputer adalah kumpulan
dua atau lebih komputer yang saling berhubungan untuk melakukan komunikasi
data. Hubungan antara dua komputer atau lebih tersebut dapat terjadi
melalui media kabel maupun nirkabel (tanpa kabel). Adapun data yang
dikomunikasikan dapat berupa data teks, suara, gambar, atau video.
Manfaat atau keuntungan dibangunnya jaringan komputer
adalah:
a) komputer-komputer
yang saling terhubung dapat melakukan sharing file maupun sharing folder, yaitu
pemakaian file atau direktori secara bersama-sama.
b) Dengan adanya
penyimpanan file terpusat (file server), file atau data yang ada di server
dapat saling dibagi
c) Memungkinkan
pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh multiuser
d) Memudahkan kita
membackup data (membuat data cadangan)
e) Memungkinkan
kita untuk mendapatkan data terbaru/terkini secara cepat.
Ada tiga cara untuk mengelompokkan jenis jaringan
komputer, yaitu:
a) Jaringan
komputer berdasarkan area atau luas wilayah
b) Jaringan
komputer berdasarkan topologi (bentuk) jaringan
c) Jaringan
komputer berdasarkan media transmisi.
a.
LAN atau Local Area Network
Jaringan komputer untuk area yang
tidak begitu luas. Batasan ukuran luas LAN adalah satu gedung. Contoh LAN
adalah jaringan yang terdapat di sekolah-sekolah yang menghubungkan komputer
milik siswa, komputer milik guru dan komputer milik bagian administrasi.
Dalam LAN kita dapat workgroup atau kumpulan dari
beberapa komputer atau user yang melakukan sharing resources atau berbagi
sumber daya. Sebagai contoh, workgroup guru terdiri dari user guru1, guru2,
guru3 dan seterusnya, sedangkan workgroup siswa terdiri dari user siswa1,
siswa2 dan seterusnya. Penggunaan workgroup seperti ini akan memudahkan
penanganan atau manajemen jaringan.
Manfaat penggunaan LAN adalah:
- Setiap user
dapat melakukan pertukaran file (sharing file) secara mudah
- Setiap user
dapat berbagi pakai printer (printer sharing)
- Setiap user
dapat menyimpan data secara terpusat (file server)
- Setiap user
dapat saling berkomunikasi menggunakan komputer.
Skema Local Area Network
b.
MAN (Metropolitan Area Network)
Media penyimpanan USB flashdisk
lebih populer disebut flashdisk. Bentuknya kecil dengan port USB di ujungnya
untuk menghubungkan diri dengan komputer. Kapasitas penyimpanan data sebuah
flashdisk cukup besar, mulai dari ratusan megabyte hingga beberapa gigabyte.
Ukuran yang kecil dan sifatnya yang mudah dibawa membuat flashdisk menjadi
peralatan wajib bagi pengguna komputer yang harus sering memindahkan data.
Skema
Metropolitan Area Network
c.
WAN (Wide Area Network)
WAN atau Wide Area Network adalah
jaringan komputer dengan cakupan geografis paling luas hingga menjangkau pulau
lain, negara lain, benua lain, bahkan luar angkasa. WAN biasanya merupakan
kumpulan dari sejumlah LAN dan MAN. Contoh penerapan WAN adalah jaringan yang
dimiliki bank berskala nasional. Bank “A” yang berkantor pusat di Jakarta
memiliki kantor cabang di Surabaya, Makasar, dan Denpasar. Bank “A” juga
membuka cabang di luar negeri yakni di Singapura, Malaysia, dan Filipina. Di
setiap cabang, bank tersebut memiliki kantor sendiri dengan sejumlah karyawan
dan fasilitas lengkap termasuk ATM (Automatic Teller Machine). Untuk mendapatkan
informasi akurat transaksi keuangan dari seluruh cabang, Bank “A” membuat
jaringan komputer yang termasuk dalam kategori WAN.
Skema Wide area
Network
Keuntungan penggunaan WAN adalah:
a) Komputer server
untuk pusat data dapat dibuat terpusat di satu lokasi
b) Komunikasi
antarkantor cabang dapat dilakukan menggunakan e-mail atau chatting yang lebih
murah biayanya dibanding komunikasi telepon
c) Dokumen dapat
dikirim dalam bentuk surat elektronik sehingga mengurangi biaya dan kerumitan
pengiriman dokumen melalui kantor pos.
a.
Topologi bus atau linier
Topologi bus banyak digunakan untuk
jaringan yang ruang lingkupnya kecil. Jaringan bertopologi bus biasanya
menggunakan kabel koaksial berikut konektornya. Alur kerja jaringan bertopologi
bus dapat dijelaskan sebagai berikut. Sebelum kartu jaringan mengirim data, ia
akan terlebih dahulu melihat kepadatan trafik atau lalu lintas jaringan. Data
akan dikirim dalam antrian jika kondisi trafik kosong. Hal itu dilakukan untuk
menghindari terjadinya collision atau tabrakan data yang mengakibatkan data
tidak sampai ke tujuan.
Topologi bus memiliki kelebihan, yaitu
infrastrukturnya sederhana dan hemat kabel.
Namun topologi bus juga memiliki kekurangan, yaitu:
a) Jika terjadi
kerusakan pada salah satu komputer saja, seluruh semua jaringan akan mati.
b) Membutuhkan
terminator pada kedua ujung kabel utama.
c) Jika terjadi
kerusakan, sangat sulit menemukan titik kerusakan.
d) Tidak dapat
digunakan untuk jaringan skala besar.
Skema Topologi
BUS
b.
Topologi RING (cincin)
Jaringan dengan topologi ring atau
cincin menghubungkan beberapa komputer dimana ujung-ujung jaringan tersebut
dipertemukan kembali sehingga membentuk lingkaran. Pada topologi ring, ada
sebuah komputer yang berfungsi sebagai token atau kendaraan yang akan mengantarkan
data. Token ini akan mengantarkan data melalui media transmisi hingga sampai
tujuan. Dalam topologi ring kemunginkan terjadinya collision (tumbukan data)
dapat dihilangkan. Hanya saja biaya untuk membangun jaringan dengan topologi
ini relatif lebih mahal. Selain itu, tingkat kesulitan untuk memelihara dan
memperbaiki jaringan relatif tinggi.
Skema Topologi
RING
c.
Topologi STAR (bintang)
Pada jaringan bertopologi star atau
bintang, setiap komputer terkoneksi ke jaringan melewati sebuah hub atau
konsentrator. Semua data akan melewati konsentrator tersebut sebelum dikirim ke
tujuan. Fungsi hub atau konsentrator adalah mengatur dan mengendalikan
keseluruhan fungsi jaringan. Selain itu hub juga berfungsi sebagai repeater
atau penguat sinyal. Keuntungan menggunakan topologi star adalah:
a) Infrastrukturnya
relatif mudah dibangun
b) Jika terjadi
kerusakan pada salah satu titik jaringan, koneksi jaringan secara keseluruhan
tidak terganggu
c) Kesalahan atau
kerusakan yang terjadi mudah dideteksi.
Kekurangan topologi star adalah:
a) Pemakaian kabel
relatif lebih banyak dibandingkan dengan topologi bus
b) Jika hub rusak
maka seluruh jaringan yang terhubung melewati hub tersebut akan terganggu
c) Biaya pembangunnya
relatif lebih mahal dibandingkan topologi bus.
Skema Topologi
STAR
d.
Topologi TREE (Pohon)
Jaringan dengan topologi tree
merupakan paduan jaringan bertopologi bus dan jaringan bertopologi star.
Topologi ini memungkinkan pengembangan jaringan yang telah ada.
Keuntungan topologi tree ini adalah:
a) Instalasi
jaringan dari titik ke titik pada masing-masing segmen
b) Didukung oleh
banyak hardware dan software.
Akan tetapi, topologi tree juga memiliki kekurangan,
yaitu:
a) Panjang segmen
dibatasi oleh tipe kabel yang digunakan
b) Jika jaringan
utama rusak, maka keseluruhan segmen ikut rusak
c) Sulit
dikonfigurasi, termasuk sistem pengkabelannya.
Skema Topologi
TREE
e.
Topologi MASH (Web)
Topologi mash atau web sering pula
disebut topologi jaring. Dinamakan masih karena setiap komputer akan terhubung
ke setiap komputer yang tersambung. Biasanya model ini hanya diterapkan pada
WAN atau Internet (karena itu disebut topologi web). Keuntungan topologi mash
ini adalah memungkinkan komunikasi data melalui banyak jalur sehingga jika
salah satu jalur terputus, masih ada jalur lain yang dapat
digunakan.
Skema Topologi
MASH
Media transmisi adalah media
penghantar data yang dapat berupa kabel atau gelombang elektromagnet. Secara
fisik, ada tiga jenis media penghantar data, yaitu kabel, gelombang
elektromagnetik (wireless) dan satelit.
a.
Kabel
1) Kabel
UTP (Unshielded Twisted Pair)
Kabel UTP merupakan jenis kabel yang
paling banyak digunakan untuk membangun jaringan komputer. Kabel ini memiliki 4
bagian dan setiap bagian memiliki 2 serat. Spesifikasi kabel UTP antara lain
memiliki jangkauan data maksimal 100 meter, dihubungkan dengan konektor RJ45,
memiliki beberapa kategori, yaitu kategori 1, 2, 3, 4, dan 5.
2) Kabel
STP (Shielded Twisted Pair)
Kabel STP memiliki ciri-ciri fisik
mirip dengan kabel UTP. Hanya saja kabel ini sangat sensitif terhadap sinyal
radio dan listrik. Kabel STP sering digunakan pada topologi token ring.
3) Kabel
Koaksial
Kabel koaksial adalah kabel yang
memiliki satu konduktor tembaga di tengahnya. Lapisan plastik isolator terletak
di antara konduktor dan lapisan pengaman serat besi. Lapisan serat besi
tersebut membantu menutupi gangguan dari lampu listrik, kendaraan dan komputer.
Kabel ini rentan terhadap gangguan sinyal-sinyal tertentu. Ada dua tipe kabel
koaksial, yaitu tipe RG-58 yang mampu menjangkau jarak 200 meter dan tipe RG-8
yang mampu menjangkau jarak 500 meter.
4) Kabel
Fiber Optic
Kabel fiber optic atau serat optik
mempunyai kemampuan mentransmisikan sinyal melewati jarak yang paling jauh
dengan kecepatan paling tinggi. Jangkauan kabel serat optik dapat mencapai 2000
meter.
b.
Wireless
Jaringan wireless atau sering
disebut WLAN (Wireless Local Area Network) adalah jaringan komputer yang
menggunakan gelombang radio, sinar inframerah (IR) atau sinar laser sebagai
medium. Karena tidak memerlukan kabel, jaringan wireless sangatlah praktis
digunakan.
Sinar inframerah banyak digunakan untuk komunikasi
tanpa kabel jarak dekat. Sistem yang menggunakan sinar inframerah mudah dibuat
dan relatif murah harganya. Hanya saja, sinar inframerah memiliki keterbatasan
karena tidak mampu menembus tembok atau benda gelap. Contoh paling sederhana
penggunaan sinar inframerah adalah remote control televisi.
BAB V
PENUTUP
SIMPULAN
Teknologi informasi dan komunikasi adalah pengembangan teknologi dan
aplikasi komputer maupun teknologi berbasis komunikasi untuk memproses,
menyajikan, dan
mengelola data serta informasi. Teknologi informasi dan komunikasi mencakup
pembuatan perangkat keras (hardware) komputer dan komponen-komponennya,
pengembangan perangkat lunak (software) komputer serta berbagai jasa yang
berhubungan dengan komputer, dan pembuatan komponen dan jasa yang berkaitan
dengan perlengkapan komunikasi.
SARAN
Semoga makalah ini bisa membuat pembaca lebih
banyak mengerti tentang apa itu Komputer dan bagaimana cara mengoperasikan
Komputer. Sehingga bagi calon pembaca dapat memudahkan dalam proses
pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Pustaka Internet
http://id.wikipedia.org
http://www.ilmukomputer.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar